Perkembangan PlayStation Dari Zaman ke Zaman

Perkembangan PlayStation Dari Zaman ke Zaman

Playstation merupakan salah satu game yang mendunia hingga saat ini. Game konsol dengan permainan yang menarik ini biasa disebut dengan sebutan PS yang merupakan singkatan dari Playstation.

20 tahun lamanya, PlayStation terus berkembang hingga dari PS1 sekarang sudah ada PS5. Berikut ini adalah sejarah perkembangan game PlayStation 1 hingga saat ini.

1.PlayStation 1

Perkembangan PlayStation Dari Zaman ke Zaman

Tahun 1994 di Jepang telah rilis PlayStation dari perusahaan Sony yang bergerak di bidang game. Setelah itu perkiraan akhir tahun 1994 atau awal 1995 game konsol ini telah rilis di Amerika Utara hingga sampai Eropa dan meledak pada saat itu karena peminatnya yang sangat banyak.

Konsol yang memiliki penyimpanan sebesar 1MB yang dimana waktu itu sangat besar membuat game ini menjadikan kalian bisa men-save game data kalian. Game konsol yang menggunakan CD setiap gamenya untuk memainkannya ini membuatnya sistem yang paling kuat pada masanya.

Konsep menggunakan adaptor dan kabel untuk stik memainkannya membuat game konsol ini sangat diminati pada saat itu hingga tahun 2006 berhenti diproduksi dan terjual 100 juta unit lebih pada masa itu.

2. PlayStation 2

PlayStation 2
Di tahun 2000 tepat 6 tahun sebelum pemberhentian produksi PS 1 sebenarnya telah dibuat PS 2dan telah terjual lebih dari 155 juta konsol di seluruh dunia.

Dikembangkan dengan beberapa fitur baru serta desain yang lebih menarik membuatnya tempat kelahiran banyak game online dan pemutar DVD yang dimana ia memiliki penyimpanan memori cukup besar kala itu sebesar 8MB.

Hampir empat ribu game yang telah rilis hingga tahun 2013 membuatnya penjualan game konsol tertinggi di dunia dan paling banyak dimainkan dibandingkan dengan game konsol lainnya.

3. PlayStation 3

PlayStation 3
Tepat dimana pemberhentian produksi PS 1 telah diluncurkanlah PS 3 yang bisa menggunakan kabel HDMI pertama kali dan menghasilan resolusi yang sangat baik beserta grafis yang keren.

Didalamnya sudah terdapat berbagai perangkat keras seperti RAM, VRAM, GPU, dan media penyimpanan hingga processor yang tinggi serta menjadikan game konsol dengan sistem yang tinggi pada saat itu.

Kapasitasnya pun semakin tinggi karena gamenya juga semakin berat mencapai 250GB penyimpnaan yang jauh berbeda dengan PlayStation sebelumnya.

4. PlayStation 4

PlayStation 4
Semakin berkembang lagi dibandingkan dengan PlayStation 3 yang dimana disini sudah semakin canggih dengan processor APU x86-64 AMD dan mampu memproses grafis konsol tercepat di generasi tersebut.

Sebenarnya ini sudah ada sejak tahun 2013, namun di tahun 2016 yang dimana Sony sebenarnya mengeluarkan 2 jenis PlayStation 4 yakni PS 4 Pro dengan kecepatan yang sangat tinggi dan satu lagi PS 4 Slim yang lebih kecil ukurannya.

Walaupun PS4 tidak terjual sebanyak PS2 namun tetap terjual sudah lebih dari 100 juta unit.

5. PlayStation 5

PlayStation 5
Game yang sudah amat jauh lebih canggih rilis pada tahun 2020 ini sangat jauh lebih kuat dibandingkan pendahulunya.

Dengan media penyimpanan SSD serta dikembangkan teknik emulasi agar para penggunanya bisa memainkan game dari PS 1 hingga PS 4 dengan teknologi canggih baru yang telah hadir.

Dengan teknologi yang baru ini akan memberikan efek pada pengguna terasa seperti nyata dan grafis yang sangat hebat.

Nah, itulah perkembangan game konsol PlayStation dari jaman ke jaman hingga sekarang ini sudah sangat canggih. Semoga Bermanfaat!

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *