Perkembangan Game RPG, Sudah Tahu?

RPG maupun Role Playing Game adalah suatu game dimana kita seakan-akan menjadi karakter yang kita mainkan tersebut.

Kebanyakan genre game ini juga memiliki banyak cerita singkat yang membuat alur cerita permainan lebih terasa nyata.

Karena itulah, banyak dari gamers yang suka memainkan game bergenre RPG. Sayangnya, tak semua dari mereka tahu bagaimana sejarah awal serta perkembangan dari sebuah game RPG.

Nah, untuk kalian yang ingin tahu lebih dalam mengenai perkembangan game RPG, di bawah ini kami akan berikan informasi lengkapnya.

 

Sejarah Perkembangan Game RPG

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa Game berjudul Akalabeth: World of Doom merupakan game RPG yang pertama kali hadir di dunia. Setelah itu, ada pula game berjudul Ultima dengan pembuat yang sama.

Sayangnya, Akalabeth kurang dipromosikan dan Ultima lah yang lebih banyak dipromosikan sehingga lebih banyak penjualannya.

Ultima sendiri adalah salah satu game yang dibuat pada tahunn 1980 dengan judul Ultima I: The First Age of Darkness.

Permainan ini dulunya Cuma bisa dimainkan di Apple II serta di negara Amerika saja. Namun, game ini menjadi game terlaku pada saat itu.

Tak lama kemudian, Jepang juga mencetak sejarahnya sendiri mengenai game RPG. Di tahun 1986 Jepang membuat game RPG nya pertama kali dengan nama Enix.

Lalu di tahun 1987 Final Fantasy dibuat dan meledak menjadi game terlaris di dunia. RPG asal Jepang ini lalu dimainkan dan memiliki banyak sekali penggemar.

Kesuksesannya bahkan membuat mereka bisa mencetak penjualan hingga 100.000.000 copy dengan 7 piala Guiness World Record.

Game action RPG lalu terus berkembang dan berinovasi. Contohnya adalah game MMORPG yang juga merupakan perkembangan dari RPG sendiri.

Namun, sampai sekarang setiap game yang bergenre RPG tetap memiliki core ataupun inti dari mekanisme RPG itu sendiri.

Game bertema MMORPG juga memiliki fans yang tak kalah banyak. Bahkan bisa dibilang hampir menyaingi game RPG itu sendiri.

Istilah MMORPG merupakan isngkatan dari Massively Multiplayer Online Role-Playing Game yang dibuat oleh Richard Garriott atau pembuat game RPG pertama.

Game MMORPG pertama adalah MUD yang merupakan cikal bakal pertama genre film ini. Lalu tak lama kemudian ada sistem bernama Sierra Network yang berkembang pada 1989.

Sistem ini menjadi sistem dari permainan yang masala tau beramai-ramai. Game dengan sistem ini juga sangat beragam serta dengan grafis yang sudah sangat baik di masanya.

Game MMORPG lalu mulai dikenal sejak 1996 dan game terkena saat itu berjudul Meridian 59 yang memiliki character 3D yang di jaman sekarang ini sudah banyak digunakan di pada berbagai game bergenre MMORPG.

Lalu ada game berjudul Ultima Online yang menjadi gamee pertama yang mempopuulerkan game MMORPG.

 

Itulah sejarah serta perkembangan lengkap mengenai game RPG yang sekarng ini juga telah berkembang menjadi MMORG.

Dari sini kita bisa mengetahui bahwa pengembang game telah melakukan banyak cara untuk membuat pemainnya tetap senang dan terus memainkan game RPG.

Selain itu, dengan adanya game ini juga membuat banyak pengembang game yang ingin mencoba membuat sebuah game RPG terbaik.

Karena itulah, sekarang ini kita sudah bisa menemukan banyak sekali gamebertema RPG yang beredar dimana-mana.

Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang saat ini ingin menambah pengetahuan kalian mengenai sejarah dan perkembangan dari game RPG.