Sejarah Perkembangan Munculnya Game E-Sports di Dunia

Sejarah Perkembangan Munculnya Game E-Sports di Dunia

Bagi kalian yang menganggap game adalah sesuatu hal yang tidak penting, nyatanya tidak. Sekarang sudah banyak game berkompetisi dengan hadiah besar dan telah memasuki E-Sport serta sudah mendunia hingga saat ini.

Dan hingga sekarang perkembangannya sudah sangat besar sekali hingga telah adanya banyak atlet E-Sports dunia dengan penghasilan yang besar.

Nah buat kalian para gamers, belum tentu kan mengetahui bagaimana sejarah terbentuknya E-Sports?

Pada tahun 1970-an sebenarnya sudah mulai muncul beberapa perlombaan video game, walaupun masih game yang sangat jadul dulu. Para mahasiswa Universitas Standford lah awal membuat perlombaan game pertama kali dimulai tepatnya pada tahun 1972.

Dan pada saat itu masih zaman nya game Spacewar hingga diadakan lombanya oleh para mahasiswa Standford, walaupun pada saat itu hadiahnya hanya langganan majalah saja. Spacewar ini didirikan pada tahun 1962 oleh Steve Russel. Yang dimana gamenya hanyalah sebuah pertempuran pesawat dan sangat viral pada saat itu.

Pada tahun 1980-an, kompetisi video game sudah mulai besar dan tersusun dengan rapih dan pada saat itu adalah Turnamen Space Invader Atari yang pemainnya sampai sepuluh ribu pemain berikut serta.

Kemudian di tahun 1990-an game PC dan perindustriannya juga sudah mulai berkemabng dan mulai dibantu oleh internet.

Tahun dimana perkembangan E-Sport berkembang dengan sangat pesat dan perusahaan besar video game mulai mensponsori event kompetisi video game yang bergenre racing, combat, hingga sports.

Game konsol juga sudah mulai muncul dan lebih kompetitif di tahun yang sama. Di California telah diadakan turnamen Street Fighter pada tahun 1996 dan berawal dari 40 orang pemain hingga sekarang telah menjadi Evolution Championship Series.

Berhadiah mobil Ferrari bekas di tahun 1997 telah adanya turnamen Quake dan merupakan  ajang E-Sports pertama di dunia. Dan game ini merupakan game FPS yang diikuti oleh ribuan peserta lomba.

Pada tahun itu sudah mulai banyak pertandingan game FPS kemudian muncullah game bergenre RTS yang membawanya semakin modern. Semakin berkembangnya dunia E-Sports di tahun 2000 munculnya Electronic Sports World Cup dan World Cyber Games membuat perubahan yang cukup besar.

Dan telah menjadikan E-Sports ke liga pada saat itu yang dituntun Major League Gaming di tahun 2002.

Era Esports Membesar

Sejarah Perkembangan Munculnya Game E-Sports di Dunia

Pertama kali memiliki kecepatan internet yang luar biasa dan membuat warnet serta game center berkembang pesat merupakan tempat lahirnya dunia E-Sports yang modern di Korea Selatan.

Turnamen game RTS pertama kali dilaksanakan di Korea Selatan dan menjadi game yang sangat populer.

Di tahun 2012 penonton NBA telah dikalahkan oleh penonton MLG Spring Tournament yang mencapai 4 juta penonton diseluruh dunia.

Game yang berhasil mencapai jutaan dolar dan masih berlanjut hingga sekarang ini yaitu Dota 2 yang merupakan game MOBA dan sekarang telah menjadi tournament E-Sports dengan hadiah terbesar di dunia sepanjang sejarah perkembangan game.

Kemudian, Era mobile atau smartphone telah memasuki dunia E-Sports juga tak lama. Game MOBA dan FPS seperti Mobile Legends dan PUBG sudah sangat mendunia saat ini dan sangat diminati oleh para gamers.

E-Sports sampai sekarang ini masih terus berkembang dan semakin banyak peminatnya. Bahkan sudah banyak Pro Player yang telah menjadikan game sebagai karir hidup mereka.

Apakah kalian berminat untuk masuk ke dunia E-Sports dan menjalani karir hidup di dunia game?

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *