Sejarah Video Game

Sejarah Video Game

Belum tentu kalian para gamers mengetahui bagaimana terbentuknya video game dari awal hingga sekarang. Dari grafis yang pixel hingga sekarang yang sudah hampir seperti dunia asli grafisnya. Mau tau ceritanya? Simak berikut.

Ditahun 1972 tepat dimana game arcade pertama kali rilis yang gamenya sekarang sudah melegenda bernama Pong. Game konsol juga pertama kali dibuat di tahun ini dan bekerja sama dengan Nintendo untuk mengembangkan teknologi game lain.

Di tahun 1979 telah muncul game Asteroids yang terdapat di konsol Atari 2600 hingga sudah tidak di produksi lagi karena sudah terjual hingga puluhan juta konsol. Space Invader juga mengejar pasar game arcade pada satu tahun sebelumnya.

Awalnya game Mario adalah lewat game Donkey Kong dan game yang sangat melegenda ini telah muncul di tahun 1981 dan pac-man juga termasuk pada saat itu. Nintendo juga mampu terjual dipasar hingga puluhan juta unit di tahun 1985 tepat dimana perilisan game konsol pertamanya.

Sejarah Video Game

Ada perusahaan baru bernama SEGA dan game PC juga sudah mulai berkembang pada era yang sama. Dan banyak game dengan konsep-konsep yang baru. Seperti SEGA yang merilis SEGA Genesis dengan karakter ikonnya yaitu sonic.

John Madden’s Football adalah game legenda di PC dan juga pada tahun 1989 telah rilisnya Gameboy yang terjual hingga ratusan juta unit.

Di tahun 1991-1995 nintendo menghadirkan super Nintendo walaupun tak bisa menyaingi Gameboy. Game arcade bernama Mortal Combat adalah game Kontroversial yang muncul di mesin. Dan Sony pun mengeluarkan gamenya yaitu PlayStation yang telah menjadi favorit semua orang pada tahun 1995.

Dengan hadirnya SEGA Saturn, Nintendo 64 dan PlayStation merupakan saingan yang berat dan pada era ini sudah mulai bermunculan game online.

Sony mencapai kejayaannya ditahun 2001-2005 yang dimana pada saat itu munculnya PlayStation 2 ke pasar game. Hingga sekarang rekor terjualnya PlayStation 2 belum ada yang mengalahkannya.

Akan tetapi Nintendo tidak mau kalah dan terus memperkenalkan game barunya seperti Nintendo DS, GameCube, serta Gameboy Advance. Dan pada era ini juga telah munculnya Xbox oleh Microsoft dan Steam.

PlayStation 3 telah muncul dan telah menggunakan teknologi blu-ray. Akan tetapi, kehadirannya Wii dan Rock Band membuat orang-orang lebih menyukai game interaktif dan minecraft telah muncul di tahun 2010 dan membuat viral dunia internet.

Game konsol sudah tidak inovatif lagi dan hanya mengembangkan grafisnya saja tidak melebihi seperti gameplaynya. Dan hal itu terbukti dari penjualan game konsol sebelumnya yang lebih banyak terjual dibandingkan konsol yang semakin terbaru ini.

Dengan menggunakan Nintendo Switch perusahaan Nintendo mengembalikkan masa kejayaannya dan membuktikan bahwa Nintendo merupakan perusahaan game yang paling inovatif dengan menghadirkan konsol yang simple dan bisa dibawa kemana-mana.

Di era ini sudah banyak sekali game online dan game console semakin di singkirkan dan pada era sekarang ini game Mobile dan PC lebih diminati oleh para gamers.

Nah, buat kalian para player baru, apakah kalian pernah merasakan game konsol zaman dulu seperti Nintendo dan Gameboy? Yang tentunya gameplay dan dari segi grafis sudah sangat jauh sekali dengan era game pada zaman sekarang.

Bahkan game online sudah memasuki dunia E-Sport yang dimana kalian bisa memenagnkan hadiah yang sangat memuaskan tentunya. Dan kira kira dalam 20-30 tahun kedepan bakalan jadi apa ya game video gamenya?

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *